Cara Screenshot Panjang Hp Samsung
Smartphone

10 Cara Screenshot Panjang Hp Samsung Tanpa Aplikasi

Samsung sudah melengkapi smartphone terbarunya dengan fitur screenshot panjang. Fitur ini bisa digunakan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Hanya saja tidak semua tipe hp Samsung memiliki fitur tersebut. Bagi yang ada maka bisa menyimak tutorial cara screenshot panjang hp Samsung berikut ini.

Fitur screenshot panjang memungkinkan pengguna hp Samsung untuk mengambil seluruh tangkapan layar dari atas sampai bawah dengan sistem scrolling. Fitur ini bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar dari sebuah website ataupun aplikasi. Cara menggunakannya juga sangat mudah

Agar bisa menggunakan fitur screenshot panjang, pengguna hp Samsung harus terlebih dahulu mengaktifkan screenshot toolbar. Beberapa tipe hp Samsung memang tidak dilengkapi fitur tersebut, terutama tipe lama yang masih menggunakan sistem operasi jadul. Namun untuk tipe terbaru rata-rata sudah memilikinya.

Dengan adanya fitur bawaan maka kita tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga yang biasanya tidak bisa mengambil screenshot panjang secara sempurna. Nah untuk mengetahui apakah smartphone kalian memiliki fitur ini atau tidak, silahkan terlebih dahulu mengaktifkan screenshot toolbar dengan mengikuti setiap langkah di bawha ini

Cara Mengaktifkan Screenshot Toolbar

Dalam bahasa Indonesia, fitur screenshot toolbar bernama Bilah Alat Gambar Layar. Fitur tersebut harus terlebih dahulu diaktifkan agar bisa mengambil screenshot panjang. Adapun cara mengaktifkannya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan hp Samsung
  2. Pilih menu Fitur Lanjutan
  3. Lalu masuk ke menu Gambar Layar dan Perekam Layar
  4. Berikutnya tinggal aktifkan Bilat Alat Gambar Layar

Setelah fitur bilat alat gambar layar aktif maka barulah anda bisa mengambil screenshot panjang di hp Samsung. Apabila smartphone kalian belum mendukung fitur tersebut maka harus mengambil screenshot panjang dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot panjang di hp Samsung. Sebagai contoh adalah LongScreenshot dan LongShot yang bisa didownload secara gratis di Play Store. Hanya saja keualitas screenshot panjang yang dihasilkan masih kurang bagus.

Bisa dikatakan cara terbaik untuk mengambil screenshot panjang hp Samsung adalah menggunakan fitur bawaan. Oleh karena itulah kami lebih merekomendasikannya dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga yang kerap kali dipenuhi iklan.

Cara Screenshot Panjang Hp Samsung

Pastikan fitur Bilah Alat Gambar Layar atau Screenshot Toolbar telah aktif agar bisa mencoba cara screenshot panjang hp Samsung tanpa aplikasi. Bagi yang memiliki smartphone tipe terbaru seperti Galaxy A32, Galaxy A52, Galaxy A72, dll pasti memilikinya. Nah setelah aktif maka tinggal mencoba cara screenshot panjang hp Samsung berikut ini.

  1. Tentukan Tampilan Layar

    Langkah pertama adalah menentukan tampilan layar dari sebuah aplikasi, website, atau menu yang akan di screenshot panjang. Pastikan tampilan layar dapat discroll agar bisa mengambil screenshot panjang. Sebab fitur screenshot ini menggunakan sistem scrolling agar bisa mengambil screenshot dari atas hingga bawah.

  2. Tekan Tombol Power + Volume Bawah

    Kemudian anda harus menekan Tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Apabila kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan maka otomatis smartphone akan mengambil screenshot. Selain itu, anda juga bisa mencoba metode screenshot lainnya seperti menggunakan fitur swipe atau menu asisten.

  3. Muncul Screenshot Toolbar

    Setelah mengambil screenshot secara konvesional menggunakan Tombol Power dan Volume Bawah maka akan muncul menu screenshot toolbar pada bagian bawah layar. Pada menu tersebut tersedia berbagai macam tombol dan salah satunya adalah tombol untuk mengambil screenshot panjang

  4. Klik Anak Panah Ke Bawah

    Cara Screenshot Panjang Samsung

    Berikutnya anda hanya perlu klik tombol anak panah ke bawah untuk mulai mengambil screenshot panjang. Setelah tombol tersebut diklik maka otomatis akan muncul preview hasil screenshot panjang pada bagian samping.

  5. Klik Lagi Untuk Menambah Panjang Screenshot

    Agar hasil screenshot bisa lebih panjang, anda hanya perlu menekan tombol anak panah berulang kali sampai mendapatkan hasil screenshot yang diinginkan.

  6. Screenshot Berhasil Disimpan

    Jika sudah mendapatkan screenshot panjang yang diinginkan maka anda bisa langsung membagikannya dengan menekan tombol share. Selain itu, tersedia pula tombol edit untuk croping dan menambah tulisan. Setelah itu hasil screenshot panjang akan langsung tersimpan ke galeri hp Samsung.

Akhir Kata

Seperti yang anda lihat di atas, cara mengambil screenshot panjang di hp Samsung sangat mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan screenshot toolbar, lalu mengambil screenshot secara biasa menggunakan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.

Setelah itu akan muncul menu screenshot toolbar yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot panjang. Hasilnya dijamin lebih bagus dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga yang biasanya tidak bisa mengambil screenshot panjang secara mulus.

Kelebihan fitur screenshot panjang bawaan hp Samsung adalah bisa melakukan scrolling secara smooth sehingga hasilnya lebih bagus. Silahkan anda mencoba tutorial cara screenshot panjang hp Samsung di atas dan simak pula tutorial sebelumnya mengenai  Cara Mengecas HP Dengan Cepat dan beragam artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *