Cara Menggunakan Rufus Windows 10
Komputer & Laptop

12 Cara Menggunakan Rufus Windows 10 Secara Mudah

USDgadget.com Cara menggunakan Rufus untuk membuat bootable flashdisk Windows 10 sangatlah mudah. Caranya lebih mudah dibanding membuat bootable secara manual menggunakan CMD. Rufus sendiri adalah aplikasi yang dikhususkan untuk membuat bootable flashdisk yang nantinya digunakan untuk instal ulang komputer atau laptop.

Rufus tidak hanya bisa digunakan untuk membuat bootable Windows 10 saja, namun juga beragam sistem operasi lainnya seperti Windows 8, Windows XP, Debian, Fedora, Ubuntu, CentOS, dan masih banyak sistem operasi berbasis Windows dan Linux.

Apabila dahulu kita harus menggunakan kaset (CD) untuk menginstal ulang komputer ataupun laptop, namun sekarang hanya cukup menggunakan Flashdisk. Terlebih saat ini sudah jarang ada komputer yang dilengkapi CD / DVD Player sehingga satu-satunya cara untuk menginstal sistem operasi adalah dengan Flashdisk.

Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan jasa teknisi untuk menginstal ulang komputer ataupun laptop. Padahal kita bisa menginstalnya sendiri secara mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun sebelum itu kalian wajib terlebih dahulu membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus.

Cara Menggunakan Rufus Windows 10

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Dengan Rufus

Dengan adanya Rufus, maka proses instal ulang komputer atau laptop semakin mudah. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan ribu untuk instal ulang komputer / laptop. Sebab Rufus akan memudahkan kalian dalam membuat bootable flashdisk agar bisa menginstal komputer / laptop menggunakan flashdisk.

Bagi yang membeli laptop baru juga bisa mengikuti cara menggunakan Rufus yang kami sampaikan kali ini. Sebab rata-rata laptop baru belum dilengkapi sistem operasi, sehingga kita harus menginstalnya sendiri. Nah untuk mengetahui cara menggunakan Rufus Windows 10, silahkan simak tutorial yang disampaikan redaksi usdgadget.com di bawah ini

  1. Siapkan Flashdisk

    Cara Menggunakan Rufus Dengan Flashdisk

    Agar bisa menginstal Windows 10 dengan Rufus, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan Flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 8GB. Flashdisk yang digunakan tidak boleh abal-abal, karena harus bisa membaca file dengan cepat agar proses instalasi Windows 10 berjalan lancar.

  2. Download Rufus

    Download Rufus Windows 10

    Selanjutnya kalian harus mendownload aplikasi Rufus yang bisa didownload secara gratis melalui situs https://rufus.ie. Sayangnya aplikasi Rufus hanya tersedia untuk Windows. Itu artinya kita tidak bisa menggunakan Rufus di Linux ataupun MacOS. Setelah selesai mendownload Rufus yang ukurannya cuma 1.1 MB, kemudian instal aplikasi tersebut.

  3. Download Windows 10

    Bagi yang belum memiliki file ISO Windows 10, maka harus terlebih dahulu mendownloadnya. Kalian bisa mendownload master Windows 10 gratis di situs resmi Microsfot (https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10) yang bisa kalian “KLIK DI SINI” untuk Windows 10 versi 64-Bit dan “KLIK DI SINI” untuk versi 32-Bit.

  4. Buka Aplikasi Rufus

    Menggunakan Rufus

    Setelah berhasil mendapatkan master Windows 10 dalam format ISO, kemudian tinggal membuat bootable flashdisk dengan Rufus. Silahkan kalian membuka aplikasi Rufus yang sebelumnya sudah diinstal pada komputer atuapun laptop.

  5. Memilih Device Flashdisk

    Secara otomatis Rufus akan mendeteksi Flashdisk yang kita tancapkan pada port USB komputer atau laptop. Apabila ada Flashdisk atau Device lain yang ditancapkan, maka harus terlebih dahulu memilih device yang akan digunakan untuk membuat bootable. Caranya adalah klik bagian Device, lalu pilih device yang akan digunakan untuk membuat bootable flashdisk.

  6. Memilih .ISO Windows 10

    Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Flashdisk

    Cara menggunakan Rufus selanjutnya tinggal memilih file .ISO Windows 10 yang sudah didownload sebelumnya. Silahkan klik tombol “Select”, lalu cara file Windows 10 berformat .iso pada folder komputer. Kemudian klik Open.

  7. Mengatur Partition Scheme

    Cara Mengatur Rufus Windows 10

    Langkah selanjutnya tinggal mengatur Rufus agar bisa membuat bootable flashdisk Windows 10. Caranya adalah dengan mengatur bagian Partition Scheme menjadi MBR dengan cara klik tombol dropdown

  8. Mengatur Partition Scheme

    Cara Membuat Flashdisk Bootable Dengan Rufus

    Selanjutnya kalian harus mengubah bagian Target System menjadi BIOS or UEFI.

  9. Mengatur Format Options

    Kemudian kita harus mengatur bagian Format Options. Yang pertama adalah merubah nama Volume Label. Kalian bebas memilih nama sesuai keinginan. Volume Label sendiri bisa dikatakan sebagai nama Flashdisk Bootable, jadi kita bebas mengaturnya.

    Yang paling penting adalah mengatur format File System. Dimana kalian harus memilih NTFS. Lalu buka Show Advanced Options dan pastikan mencentang bagian Quick Format serta Crete Extended Label and Icon Files.

  10. Mulai Membuat Bootable Flashdisk

    Cara Memakai Rufus

    Pastikan semua pengaturan sudah sesuai dengan tutorial cara menggunakan Rufus di atas. Kemudian kita tinggal mulai membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan mengklik tombol “START”.

    Kemudian akan muncul jendela peringatan yang mengatakan bahwa semua data yang ada di dalam flashdisk akan terhapus. Silahkan klik “OK” untuk melanjutnya proses pembuatan Bootable Flashdisk.

  11. Proses Bootable Flashdisk

    Silahkan menunggu dengan sabar sampai proses pembuatan Bootable Flashdisk selesai. Biasana langkah ini memakan waktu 10 hingga 15 menit, tergantung kecepatan Flashdisk dan ukuran master Windows 10.

    Yang membuat lama proses ini adalah karena Rufus akan mengcopy file master Windows 10 ke dalam Flashdisk sehingga semakin bagus Flashdisk yang digunakan, tentu proses pembuatan bootable akan semakin cepat.

  12. Selesai

    Proses Selesai

    Untuk mengetahui apakah proses pembuatan bootable flashdisk telah selesai atau belum, silahkan perhatikan bagian Status. Apabila sudah selesai, maka akan muncul tulisan Ready. Setelah itu tinggal klik Close dan proses pembuatan Bootable Flashdisk dengan Rufus telah berhasil.

Setelah berhasil membuat bootable flashdisk dengan Rufus, maka kalian bisa langsung menggunakannya untuk menginstal komputer ataupun laptop. Jangan lupa untuk terlebih dahulu restart dan mengatur booting agar bisa membaca Flashdisk yang telah dibuat menjadi Bootable.

Akhir Kata

Mungkin sebagian orang masih takut menginstal komputer atau laptop sendiri sehingga lebih memilih menggunakan jasa teknisi komputer. Padahal caranya sangat gampang, karena pada intinya kita harus terlebih dahulu membuat Bootable Flashdisk dengan mengikuti cara menggunakan Rufus Windows 10 di atas.

Flashdisk tidak akan bisa digunakan untuk menginstal Windows 10 apabila belum dibuat menjadi bootable. Sebenarnya ada cara lain untuk membuat bootable flashdisk, yakni dengan CMD. Namun cara membuat bootable flashdisk dengan CMD cukup ribet, karena membutuhkan kode khusus untuk memformat flashdisk.

Cukup sekian informasi usdgadget.com kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengganti Sandi Facebook” dan beragam informasi menarik lainnya seputar dunia teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *