Cara Mengecek Garansi Xiaomi Resmi
Smartphone

5 Cara Mengecek Garansi Xiaomi Online Lewat IMEI

USDGadget.com Ada dua jenis garansi Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia, yakni garansi resmi dan distributor. Lalu bagaimana cara mengecek garansi Xiaomi agar kita mengetahui jenis garansinya? Caranya sangat mudah, karena Xiaomi menyediakan situs khusus yang bisa digunakan untuk cek garansi secara online.

Ada perbedaan antara smartphone Xiaomi garansi resmi dan garansi distributor. Perbedaan tersebut terletak dari cara klaim garansinya. Dimana untuk garansi distributor tidak akan bisa klaim garansi di service center resmi Xiaomi sehingga pengajuan klaim garansi hanya bisa dilakukan ke distributor.

Ada baiknya membeli hp Xiaomi garansi resmi dibanding membeli garansi distributor. Alasannya adalah agar proses klaim garansi lebih mudah. Terlebih saat ini service center Xiaomi sudah tersebar dibanyak kota di Indonesia, sehingga memudahkan pengguna Xiaomi untuk klaim garansi.

Cara membedakan hp Xiaomi garansi resmi dan distributor sebenarnya cukup mudah. Kalian bisa melihatnya dari Dusbook. Sebab untuk smartphone Xiaomi garansi resmi selalu dilengkapi stiker TAM yang merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Sedangkan untuk garansi distributor biasanya bertuliskan Bless ataupun yang lainnya. Namun bagaimana jika smartphone yang dibeli merupakan hp Xiaomi bekas dan tidak dilengkapi dusbook? Kalian tidak perlu khawatir, karena bisa mencoba cara mengecek garansi Xiaomi dengan cara di bawah ini.

Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Masalah garansi merupakan suatu hal yang sangat penting, jadi jangan sepelakan hal tersebut kita membeli hp Xiaomi baru ataupun bekas. Kalian wajib mengecek garansinya, apakah resmi atau tidak. Nah untuk mengetahui cara mengecek garansi Xiaomi online silahkan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Cek IMEI Xiaomi

    Langkah pertama adalah kita harus mengetahui nomor IMEI pada smartphone yang dicek. Cara mengecek IMEI Xiaomi sangat mudah. Kalian bisa menggunakan kode rahasia Xiaomi dengan mengetikan *#06#
    ]pada menu panggilan telepon. Setelah itu secara otomatis akan muncul nomor IMEI. Silahkan catat nomor tersebut.

    Selain cara cek IMEI Xiaomi di atas, kalian juga bisa mencoba cara lainya dengan masuk ke menu Setelan atau Settings, kemudian pilih About Phote atau Tentang Ponsel. Setelah itu pilihlah menu Status dan IMEI Information. Akan ada dua IMEI yang muncul, yakni IMEI slot SIM pertama dan kedua.

  2. Buka Situs Registrasi Produk Xiaomi

    Cara Cek Garansi Hp Xiaomi

    Setelah mengetahui nomor IMEI pada smartphone yang akan dicek garansinya, lalu bukanlah situs registasi produk resmi Xiaomi melalui browser smartphone. Dimana alamat situsnya adalah https://buy.mi.co.id/id/registration

  3. Masukan IMEI

    Kemudian masukan IMEI hp Xiaomi pada kolom “Masukan Nomor IMEI“.

  4. Klik Langkah Selanjutnya

    Cek Garansi Xiaomi Online

    Setelah memasukan IMEI, kemudian klik tombol “Langkah Selanjutnya“.

  5. Melihat Informasi Garansi

    Cara Melihat Masa Garansi Xiaomi

    Setelah itu akan muncul informasi mengenai garansi hp Xiaomi. Pada bagian atas akan ditampilkan apakah smartphone bisa mendapatkan garansi tambahan atai tidak.

    Untuk mengetahui apakah garansi resmi atau distributor kalian bisa melihatnya pada informasi Negara Pembelian. Jika tertulis Indonesia, maka bisa dipastikan merupakan hp Xiaomi garansi resmi. Namun apabila tertulis China, Malaysia, ataupun negara lainnya, maka kami jamin merupakan smartphone Xiaomi non-resmi.

    Kemudian untuk mengetahui masa garansi apakah masih berlaku atau tidak, kalian bisa mengeceknya pada bagian waktu produksi dan waktu aktivasi. Apabila waktu akvitasi kurang dari 1 Tahun, maka garansi masih berlaku.

Silahkan kalian mencoba cara mengecek garansi Xiaomi online di atas untuk memastikan jenis garansi serta masa garansi apakah masih berlaku atau tidak. Kalian bica mencobanya di semua tipe hp Xiaomi, baik yang resmi ataupun distributor.

Akhir Kata

Bagi yang membeli hp Xiaomi bekas yang tidak dilengkapi dusbook dan nota pembelian, maka bisa mengecek masa garansi smartphone dengan mengikuti tutorial cara mengecek garansi Xiaomi di atas.

Biasanya smartphone Xiaomi memiliki masa garansi selama 1 tahun, namun ada beberapa tipe hp Xiaomi yang masa garansinya lebih panjang, seperti Redmi Note 7 yang memiliki garansi 18 bulan dan Redmi 8 serta Redmi 8A yang masa garansinya selama 24 bulan.

Selama masa garansi masih berlaku, maka pemilik hp Xiaomi bisa bebas klaim garansi apabila terjadi kerusakan yang bukan disebabkan oleh faktor human error. Namun apabila rusak karena humah error seperti terjatuh, terbentur, ataupun terkena air maka garansi tidak akan berlaku.

Untuk klaim garansi bisa mengunjungi MI Service Center yang tersebar di hampir setiap kota di Indonesia. Nah cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai tutorial “Cara Membuat Whatsapp Bisnis” dan beragam informasi seputar dunia teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *