Cara Mematikan Auto Update Windows 10
Komputer & Laptop

5 Cara Mematikan Auto Update Windows 10

USDGadget.com – Update otomatis pada Windows 10 sering kali terasa menggangu. Lalu bagaimana cara mematikan auto update Windows 10? Caranya cukup mudah, karena kita hanya perlu masuk ke pengaturan update Windows. Meskipun begitu, kami yakin masih banyak pengunna Windows 10 yang belum mengetahui caranya.

Fungsi auto update Windows 10 adalah agar sistem operasi yang digunakan selalu up to date sehingga bisa menutupi segala bug yang sering terjadi pada Windows 10. Selain itu, update otomatis juga berguna agar pengguna Windows 10 selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru.

Sebagian besar pengguna komputer ataupun laptop di Indonesia menggunakan sistem operasi Windows 10 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Kemampuan Windows 10 sebagai sistem operasi komputer terbaik memang tidak diperlu diragukan lagi.

Windows 10 menawarkan kestabilan sistem yang selalu diupgrade melalui auto update. Sayangnya tidak semua orang menyukai fitur auto update. Ada beberapa alasan mengapa fitur auto update harus dimatikan. Untuk mengetahui apa saja alasannya, silahkan simak di bawah ini.

Mengapa Update Otomatis Windows 10 Harus Dimatikan?

  1. Alasan yang pertama adalah karena update otomatis Windows 10 akan membuat koneksi internet menjadi lambat. Sebab secara otomatis komputer atau laptop akan mengunduh file update.
  2. Selain koneksi internet menjadi lemot, update otomatis Windows 10 juga membuat kuota cepat habis. Ukuran update terkadang cukup besar sehingga tanpa disadari kuota internet akan terasa cepat habis. Namun bagi yang menggunakan Wifi tanpa FUP tentu tidak menjadi masalah.
  3. Meskipun bertujuan untuk menyempurnakan sistem dari bug, namun terkadang auto update justru membuat komputer menjadi lemot
  4. Bagi yang menggunakan Windows bajakan bisa membuat aktivator Windows mengalami crash sehingga harus di aktivasi lagi.
  5. Sering kali auto update mengharuskan komputer untuk di restart sehingga sangat menggangu aktivitas menggunakan komputer

Nah itulah beberapa alasan mengapa harus mematikan auto update Windows 10. Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun biasanya para pengguna Windows 10 bajakan lebih memilih mematikan update otomatis agar Windows 10 yang digunakan tetap aman.

Yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara mematikan auto update Windows 10? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak informasi USDGadget.com berikut ini.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Seperti yang kami sampaikan di atas, ada beberapa cara mematikan Auto Update Windows 10. Salah satu cara termudah adalah melalui menu Services. Untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan mengikuti tutorial cara mematikan auto update Windows 10 di bawah ini.

  1. Klik Start Menu

    Klik Start Menu

    Untuk membuka menu Services, silahkan terlebih dahulu klik Start Menu

  2. Ketikan Service

    Services Auto Update Windows 10

    Setelah itu ketikan kata Services dan secara otomatis akan muncul program Services. Silahkan kalian klik program tersebut.

  3. Cari Windows Update

    Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

    Kemudian akan muncul banyak sekali Service Local. Kemudian scroll ke bagian bawah dan cari Windows Update. Setelah menemukannya, kemudian klik menu Service Windows Update.

  4. Stop Service Status

    Cara Stop Auto Update Windows 10

    Secara otomatis Service Status akan berjalan pada mode Running. Untuk menghentikannya kalian harus klik Stop.

  5. Disable Startup Type

    Disable Auto Update Windows

    Kemudian pada bagian Startup Type ubah dari Automatic menjadi Disable Langkah ini diperlukan untuk menghentikan Auto Update Windows 10. Bagi yang ingin update secara manual juga bisa mengubah Startup Type menjadi Manual.

  6. Klik Ok

    Cara Non Aktifkan Update Otomatis Windows 10

    Langkah terakhir tinggal klik OK dan update otomatis Windows 10 akan dinonaktifkan. Untuk mengaktifkannya lagi silahkan kembali membuka menu Services Windows Update, lalu klik Start pada bagian Service Status dan ubah Startup Type menjadi Automatic.

Aplikasi Untuk Mematikan Update Otomatis

Aplikasi Untuk Mematikan Update Windows 10

Silahkan kalian mengikuti cara mematikan auto update Windows 10 di atas. Menurut kami caranya cukup mudah, karena kami terbiasa menggunakan sistem operasi besutan Microsoft tersebut. Namun bagi yang merasa kesulitan, maka bisa mencoba cara lain dengan menginstal aplikasi bernama Win Update Stop.

Aplikasi Win Update Stop merupakan aplikasi gratis. Kalian bisa mengunduhnya “DI SINI” dengan ukuran cuma 2 MB. Menariknya lagi, aplikasi Win Update Stop bisa digunakan pada semua sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Vista, 7, 8, Windows 10 32-Bit ataupun 64-Bit.

Cara menggunakan aplikasi Win Update Stop juga sangat mudah. Kalian cukup klik tombol “Disable” dan secara otomatis Auto Update Windows 10 akan dimatikan. Untuk mengaktifkannya kembali tinggal klik tombol “Enable”.

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Sementara

Cara Mematikan Update Windows 10 Sementara

Bisa dikatakan cara termudah untuk menonaktifkan auto update Windows 10 adalah dengan aplikasi Win Update Stop. Namun apabila ingin mematikan auto update secara sementara, maka bisa memanfaatkan fitur Pause Updates yang tersedia pada Windows 10.

Untuk mengakses fitur Pause Updates adalah dengan masuk ke menu Settings >> Update & security >> Windows Update >> Advance options. Setelah itu tinggal menentukan sampai kapan Auto Updates akan di Pause. Waktu yang disediakan hanya sebatas 35 hari. Setelah itu Windows harus di update apabila ingin kembali menggunakan fitur Puase Updates.

Cara Mematikan Update Lewat Group Policy

Masih ada cara lainnya untuk mematikan update otomatis Windows 10, yakni melalui Local Group Policy Editor. Caranya cukup mudah, namun sedikit lebih rumit dibanding cara mematikan auto update Windows 10 yang kami sampaikan di atas.

Adapun caranya adalah dengan klik tombol start menu, lalu ketik “GPEDIT“. Kemudian akan muncul program Edit Group Policy. Silahkan klik menu tersebut.

Setelah berhasil membuka Edit Group Policy, maka selanjutnya tinggal mengikuti navigasi sebagai berikut : Computer Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Windows Update. Kemudian pada bagian kanan cari Configure Automatic Updates, lalu klik dua kali.

Cara Matikan Update Otomatis Windows 10

Setelah itu akan terbuka jendala baru. Lalu pada bagian sudut kiri akan terlihat pengaturan Not Configured. Silahkan ubah pengaturan tersebut menjadi Disable. Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Cara mematikan auto update Windows 10 di atas bisa menjadi solusi paling tepat untuk mematikan update otomatis Windows 10. Namun caraya cukup ribet, dan sebenarnya cukup berbahaya. Sebab apabila salah memilih menu bisa menjadikan Windows 10 mengalami error.

Akhir Kata

Bagaimana, apakah kalian sudah mencoba salah satu cara mematikan auto update Windows 10 yang kami sampaikan di atas? Dapat kita simpulan bahwa cara mematikan update Windows 10 termudah adalah menggunakan aplikasi Win Update Stop. Sebab aplikasi tersebut akan mematikan Auto Update secara otomatis hanya dengan satu kali klik.

Silahkan kalian mencoba sendiri tutorial cara mematikan update otomatis Windows 10 dari kami. Semoga informasi di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi auto update Windows 10 yang terkadang sangat menggangu. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Top Up LinkAja” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *