Cara Mematikan Antivirus Windows 10
Komputer & Laptop

13 Cara Mematikan Antivirus Windows 10 (Windows Defender)

USDGadget.comCara mematikan antivirus Windows 10 sangat mudah. Kalian bisa memilih menonaktifkan antivirus Windows 10 secara permanen ataupun sementara. Nah bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan menyimak informasi yang kami sampaikan pada artikel kali ini.

Windows 10 sudah dilengkapi antivirus bawaan bernama Windows Defender. Kualitas antivirus tersebut tidak kalah dari antivirus berbayar seperti AVG, Avast, McAfee, dll. Namun terkadang antivirus tersebut sangat menggangu sehingga perlu dimatikan ataupun dinonaktifkan.

Windows 10 menyediakan opsi untuk mematikan Windows Defender secara permanen ataupun sementara. Akan tetapi jika kalian menginstal antivirus pihak ketiga, maka secara otomatis Windows Defender akan dinoaktifkan agar tidak bentrok dengan antivirus lainnya.

Bagi yang selama ini hanya mengandalkan Windows Defender sebagai antivirus Windows 10, maka harus mematikannya secara manual apabila ingin dinoantkfikan. Nah untuk mengetahui cara mematikan antivirus Windows 10 silahkan simak informasinya berikut ini.

Cara Mematikan Antivirus Windows 10

Ada banyak alasan mengapa harus mematikan Windows Defender. Salah satu alasannya adalah karena harus menginstal aplikasi tertentu, namun aplikasi tersebut dianggap berbahaya oleh Windows Defender sehingga tidak bisa diinstal.

Windows Defender akan memberikan perlindungan secara real-time pada komputer ataupun laptop. Jadi apabila ada aplikasi tertentu yang dianggap berbahaya, maka Windows Defender akan secara otomatis memblokirnya, terutama untuk aplikasi bajakan.

Rata-rata aplikasi bajakan dianggap sebagai virus sehingga tidak bisa diinstal apabila Windows Defender dalam keadaan aktif. Oleh karena itulah lebih baik menonaktifkan Windows Defender secara sementara, kemudian aktifkan kembali setelah proses penginstalan selesai.

Cara menonaktifkan Windows Defender sangatlah mudah. Bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan menyimak setiap langkah cara mematikan antivirus Windows 10 yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Klik Start Menu

    Langkah pertama, silahkan klik tombol Start Menu.

  2. Cari Windows Security

    Kemudian cari program Windows Security dengan cara mengetikan kata Windows Security

  3. Klik Virus & Threat Protection

    Cara Matikan Antivirus Windows 10

    Setelah masuk ke program Windows Security, kemudian pilih menu Virus & Threat Protection

  4. Klik Manage Settings

    Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

    Kemudian klik Manage Settings pada bagian Virus & Threat Protection Settings.

  5. Matikan Real-Time Protection

    Cara Menonaktifkan Windows Defender

    Langkah terakhir tinggal matikan Real-Time Protection saat muncul tanda off. Setelah itu tinggal mencoba menginstal aplikasi yang tadinya dianggap sebagai virus. Kami yakin aplikasi bisa diinstal secara lancar.

    Apabila sudah menginstal aplikasi yang diinginkan, kami sarankan untuk langsung mengaktifkan kembali Windows Defender untuk mencegah adanya virus atau malware.

Cara mematikan Windows Defender di atas bukanlah cara permanen. Apabila ingin permanen, kami sarankan untuk menginstal antivirus pihak ketiga. Ada banyak sekali aplikasi antivirus terbaik yang bisa diandalkan untuk melindungi komputer atau laptop dari serangan virus, spyware dan malware.

Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Dari sekian banyak antivirus gratis yang pernah kami coba, menurut kami yang terbaik adalah AVG AntiVirus . Sudah bertahun-tahun kami menggunakannya dan belum pernah sekalipun terkena virus yang membahayakan komputer.

Antivirus hukumnya wajib bagi setiap komputer. Namun bagi yang ingin nekat tidak menggunakan antivirus, maka bisa mencoba cara mematikan antivirus Windows 10 permanen yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan Klik Start Menu
  2. Kemudian ketikan gpedit, lalu secara otomatis muncul program bernama Edit Group Policy. Silahkan klik prgram tersebut.
  3. Setelah itu masuk kebagian Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus
  4. Kemudian klik dua kali Turn Off Windows Defender Antivirus
  5. Kemudian pilih opsi Enabled untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen
  6. Lalu klik Apply untuk menerapkan pengaturan
  7. Kemudian klik tombol OK.
  8. Setelah itu tinggal Restart komputer atau laptop.

Cara di atas akan mematikan Windows Defender secara permanen. Untuk mengaktifkannya lagi kalian harus mengulangi cara diatas, lalu ubah kembali pengaturan Enabled menjadi Not Configured atau Disabled.

Mematikan antivirus secara permanen hanya akan membahayakan komputer. Tentu kalian tidak ingin file-file penting terkena virus sehingga tidak bisa terbuka ataupun terhapus dari komputer. Oleh karena itulah kami mengajurkan untuk mematikan Windows Defender sementara saja.

Apabila ingin lebih kami sarankan untuk menginstal aplikasi antivirus pihak ketiga, baik yang bergaya ataupun yang gratis. Bagi yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli antivirus, maka lebi baik menggunakan AVG Antivirus Free yang sudah lebih dari cukup untuk melindungi komputer.

Akhir Kata

Cara mematikan antivirus Windows 10 yang kami sampaikan di atas bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin menginstal aplikasi tertentu, namun tidak bisa diinstal karen dianggap sebagai aplikasi berbahaya atau virus. Mungkin saja peringatan tersebut benar, karena sering kali ada aplikasi yang disusupi virus berbahaya.

Untuk menjaga keamanan komputer lebih baik hanya menginstal aplikasi dari sumber terpecaya dan aplikasi original (bukan bajakan). Nah cukup sekian informasi usdgadget.com kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Beli Diamond Mobile Legends Pakai Pulsa” dan beragam informasi seputar dunia teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *