Cara Cek Pajak Motor Online Jateng
Aplikasi & Game

10 Cara Cek Pajak Motor Online Jawa Tengah

USDGadget.com – Cara cek pajak motor online semakin mudah dengan adanya aplikasi cek pajak kendaraan bermotor. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, dan salah satu yang terbaik adalah aplikasi bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.

Aplikasi SAKPOLE merupakan aplikasi SAMSAT Online yang dikhususkan untuk wilayah Jawa Tengah. Dengan aplikasi tersebut kita bisa mengecek pajak kendaraan bermotor, baik motor ataupun mobil. Namun kendaraan yang di cek hanya terbatas kendaraan dengan Nomor Polisi Jawa Tengah.

SAKPOLE memudahkan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di Jawa Tengah untuk cek pajak motor. Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu kewajiban pemilik kendaraan bermotor adalah membayar pajak tahunan dan 5 tahunan.

Tak jarang ada pemilik kendaraan yang enggan membayar pajak. Padahal keterlambatan pembayaran pajak akan dikenakan denda. Apabila cuma telat 1 atau 2 bulan, tentu dendanya tidak akan terlalu besar. Lalu bagaimana jika telat lebih dari 1 tahun?

Semakin lama menunda membayar pajak motor, maka dendanya semakin besar. Agar tidak kaget saat membayar pajak, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek pajak motor secara online menggunakan aplikasi SAKPOLE. Nah untuk mengetahui cara cek pajak motor online silahkan simak di bawah ini.

Cara Cek Pajak Motor Online (Jawa Tengah)

Cara Cek Pajak Motor Online Jateng

Pada kesempatan kali ini kami hanya akan memberikan tutorial cara cek pajak motor online untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. Jadi bagi kalian yang memiliki sepeda motor dengan nomor Polisi Jawa Tengah maka bisa mencoba cara cek pajak motor online berikut ini.

  1. Download SAKPOLE

    Silahkan download terlebih dahulu aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT Jateng di Play Store. Aplikasi cek pajak motor online tersebut hanya tersedia untuk smartphone Android. Mungkin kedepannya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyediakan versi iOS (iPhone). Namun saat ini kita hanya bisa cek pajak motor online menggunakan hp Android.

  2. Buka Aplikasi SAKPOLE

    Setelah selesai download dan menginstal aplikasi SAKPOLE, kemudian buka aplikasi tersebut.

  3. Pilih Menu Informasi

    Cek Pajak Motor Jawa Tengah Online

    Pada halaman depan aplikasi SAKPOLE akan tersedia beberapa menu. Dimana menu yang tersedia antara lain adalah Layanan Online, Pembayaran, E-Pengesahan, Informasi, Panduan, dan Keluar. Nah agar bisa cek pajak motor online silahkan pilih menu “INFORMASI“.

  4. Pilih Menu Pajak Kendaraan Bermotor

    Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

    Langkah selanjutnya adalah memilih menu “PAJAK KENDARAAN BERMOTOR”. Kalian tidak hanya bisa mengecek pajak motor saja, namun juga pajak motor lainnya seperti pajak mobil.

  5. Masukan No Polisi

    Cek Plat Nomor Online

    Setelah itu tinggal memasukan No Polisi atau Plat Nomor. Pastikan nomor yang dimasukan merupakan nomor kendaraan yang teregistrasi di wilayah Jawa Tengah.

  6. Klik Proses

    Lalu klik Proses untuk mulai cek pajak motor online.

  7. Verifikasi Captcha

    Verifikasi Cek Pajak Motor Online

    Sebelum informasi mengenai pajak motor muncul kita harus terlebih dahulu melalui verifikasi captcha.

  8. Lihat Status Pajak

    cek pajak kendaraan online jawa tengah

    Setelah proses verifikasi berhasil, maka kalian hanya perlu menunggu beberapa detil dan informasi seputar pajak kendaraan akan muncul. Informasi yang ditampilkan sangat lengkap, mulai dari Nomor Polisi, Jenis Kendaraa, Merk Kendaraan, Warna, hingga status pajak.

    Pada bagian status pajak kita bisa melihat apakah pajak sudah lunas atau ada keterlambatan. Apabila telat, maka kita bisa melihat denda pajak yang harus dibayarkan.

  9. Klik Rincian Pajak

    Cara Mengecek Pajak Motor Online

    Untuk mendapatkan informasi pajak secara lengkap, silahkan klik LIHAT RINCIAN.

  10. Rincian Estimasi Pembayaran Pajak

    Cek Status Pajak Motor Online

    Informasi yang ditampilkan pada rician estimasi pembayaran pajak kendaraan sangat lengkap. Kita bisa melihat secara detail berapa Jumlah PKB (Pajak Kendaran Bermotor), Jumlah SWDKLLJ dan denda yang harus dibayarkan apabila telat membayar pajak.

    Selain itu, kita juga bisa mengetahui jatu tempo pembayaran sehingga bisa meminimalisir resiko telat bayar pajak motor. Apabila telah telat pembayar pajak, maka akan muncul informasi jumlah denda PKB dan denda SWDKLLJ.

Yah, cara cek pajak motor online memang sangat mudah. Kalian tinggal menginstal aplikasi SAKPOLE dan memasukan Nomor Polisi. Pastikan nomor yang dimasukan merupakan nomor kendaraan yang teregistrasi di Samsat Jawa Tengah. Sebab aplikasi di atas hanya terhubung ke database Samsat Jawa Tengah.

Untuk nomor Polisi daerah lainnya bisa menggunakan aplikasi cek pajak motor online yang disediakan oleh Pemerintah Daerah masing-masing. Kami yakin cara cek pajak motor online untuk aplikasi lain sama saja, karena cukup memasukan plat nomor kendaraan atau Nomor Polisi.

Akhir Kata

Mengecek pajak motor sebelum membayarnya memang sangat penting agar bisa mengetahui rincian pajak yang harus dibayarkan. Menariknya lagi, aplikasi SAKPOLE telah menyediakan menu bayar pajak kendaraan online yang akan memudahkan pemilik kendaraan membayar pajak secara tepat waktu.

Setelah menyimak informasi cara cek pajak motor online Jawa Tengah yang kami sampaikan di atas, maka kalian bisa mengecek pajak motor secara online secara mudah dan cepat. Nah cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai cara membeli UC PUBG dan beragam informasi teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *