Cara Cek Garansi Oppo Online
Smartphone

7 Cara Cek Garansi Oppo Online Lewat IMEI

USDGadget.com – Cara cek garansi Oppo bisa dilakukan secara online melalui situs resmi yang disediakan Oppo. Cara pengecekannya sangat mudah, karena hanya perlu memasukan nomor IMEI dan secara otomatis akan keluar informasi seputar garansi, apakah masih berlaku atau tidak.

Oppo bukan satu-satunya produsen yang menyediakan layanan cek garansi online. Sebab Xiaomi juga memilikinya. Bagi pengguna hp Xiaomi bisa mencoba caranya pada artikel berikut “Cara Cek Garansi Xiaomi Online“.

Oppo sendiri memberikan masa garansi selama 12 bulan untuk setiap ponsel yang mereka pasarkan di Indonesia. Selama masa garansi, pengguna hp Oppo bisa melakukan klaim garansi ke Oppo Service Center dengan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi yang membei hp baru, tentu bisa dengan mudah mengetahui masa garansi apakah masih berlaku atau tidak. Sebab masa garansi hp Oppo dihitung sejak tanggal pertama pembelian hingga 12 bulan kedepan. Lalu bagaimana jika membeli hp Oppo bekas?

Sering kali penjual hp Oppo bekas tidak menyertakan nota pembelian sehingga pembeli tidak mengetahui masa garansi handphone yang dibeli. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mencoba cara cek garansi Oppo online yang bisa kalian simak caranya di bawah ini.

Cara Cek Garansi Oppo Online

Meskipun garansi masih berlaku, namun tidak selamanya bisa klaim garansi. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa klaim garansi ke Oppo Service Center. Syarat yang utama adalah kerusakan bukan karena kesalahan pengguna.

Apabila kerusakan karena terjatuh, terbentur, ataupun terkena air, maka hal tersebut termasuk kesalahan pengguna. Namun apabila rusak seperti software error atau komponen yang rusak karena kesalahan pabrik, maka bisa klaim garansi.

Sebelum mencoba klaim garansi, silahkan simak terlebih dahulu cara cek garansi Oppo online yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Cek IMEI Hp Oppo

    Cara cek garansi Oppo online mengharuskan pengguna hp Oppo terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI pada handphone yang akan dicek garansinya.

    Ada tiga cara untuk mengetahui nomor IMEI hp Oppo. Cara yang termudah adalah menggunakan kode cek IMEI Oppo, yakni *#06#. Silahkan mengetik kode tersebut pada papan tombol panggilan, lalu secara otomatis akan muncul nomor IMEI.

    Selain melalui kode *#06#, pengguna hp Oppo juga bisa mengecek IMEI melalui menu pengaturan. Caranya adalah dengan Masuk ke [Pengaturan] > [Tentang Ponsel] > [Status] > [IMEI].

    Cara lainnya adalah dengan melihat bagian belakang dusbook hp Oppo. Dimana pada bagian belakang telah terpasang stiker bertuliskan tipe handphone, warna, serial number, tempat pembuatan, dan dua nomor IMEI yang merupakan IMEI Slot Sim Card pertama dan kedua.

  2. Salin IMEI

    Setelah mengetahui nomor IMEI, kemudia catat atau salin nomor IMEI tersebut. Pastikan mencatat nomor IMEI dengan benar, karena apabila salah tidak akan bisa digunakan untuk mengecek garansi.

  3. Buka Situs Cek Garansi Oppo Online

    Situs Cek Garansi Hp Oppo Online

    Langkah selanjutnya tinggal membuka situs cek garansi Oppo melalui browser smartphone atau perangkat lainnya. Dimana situsnya adalah https://oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status.

  4. Masukan Nomor IMEI

    Cek Garansi Oppo

    Setelah membuka situs cek garansi Oppo online, kemudian masukan nomor IMEI ke kolom yang tersedia.

  5. Masukan Kode Validasi

    Cek Garansi Oppo

    Selain kolom Nomor IMEI, tersedia pula kolom Kode Validasi. Silahkan masukan kode validasi ke kolom yang tersedia.

  6. Klik Cek Sekarang

    Langkah berikutnya tinggal klik tombol Cek Sekarang untuk memulai proses pengecekan garansi secara online.

  7. Melihat Informasi Garansi

    Cara Mengetahui Garansi Hp Oppo

    Jika nomor IMEI dan kode validasi yang dimasukan sudah benar, maka akan langsung muncul hasil pemeriksaan status garansi. Informasi yang ditampilkan hanya sebatas apakah garansi perangkat masih berlaku atau sudah habis.

    Sayangnya hasil pemeriksaan status garansi Oppo tidak menyebutkan tanggal pertama pembelian dan aktivasi. Alhasil kita tidak bisa mengetahui kapan masa garansi akan berakhir.

    Meskipun tidak ada tanggal pembelian dan waktu aktivasi, namun kita tetap bisa mengetahui Negara pembelian smartphone.

    Perlu kaliah ketahui bahwa garansi hp Oppo hanya berlaku di Negara Pembelian. Jadi apabila membelinya di Indonesia, maka hanya bisa klaim garansi di Oppo Service Center Indonesia.

    Sebagai contoh kami telah mengecek garansi hp Oppo A71 2018 dengan nomor IMEI 868498030239591. Pada proses pegecekan tersebut terlihat bahwa masa garansi sudah habis.

Akhir Kata

Silahkan kalian mencoba sendiri tutorial di atas dengan memasukan nomor IMEI pada handphone yang dimiliki. Apabila setalah dicek, tertanya sudah melewati batas waktu masa garansi maka tidak bisa klaim garansi dan hanya bisa melakukan perbaikan ke Oppo Service Center.

Cukup sekian informasi cara cek garansi Oppo online. Semoga informasi di atas bisa menjadi solusi bagi pengguna smartphone Oppo yang ingin mengetahui masa garansi smartphone. Simak pula artikel sebelumnya mengenai cara mengaktifkan GPRS Telkomsel dan beragam informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *